Jumat, 26 Oktober 2012

Nucor


1.     Apakah anda setuju bahwa Nucor harus melaksanakan perubahan yang mendasar agar selamat dan berhasil pada abad ke-21 ? Bagaimana Anda mengevaluasi pergantian dalam strateginya secara spesifik ?
Ya, kami setuju bila Nucor harus melaksanakan perubahan yang mendasar agar dapat bertahan dan berhasil di masa yang akan datang.
Dengan berjalannya waktu, dunia usaha akan terus dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar global karena tak lagi berfokus pada kawasan local, harus dapat mengetahui apa yang pasar inginkan, serta mampu mempertahankan kualitas produk yang dimiliki karena semakin ketatnya persaingan dunia usaha. Melihat Nucor yang sejauh ini masih hanya ingin berkuasa di kawasan local, tidak melakukan inovasi produk, menerapkan system desentralisasi total yang kurang efektif, sehingga alasan tersebutlah yang mendasari bahwa Nucor harus melaksanakan perubahan yang mendasar agar selamat dan berhasil pada abad ke-21.
Dibawah kepemimpinan David Aycock, Nucor cukup berkembang dengan pesat hingga menjadi perusahaan baja yang besar. Langkah langkah strategis yang beliau terapkan diantaranya :

1.     Melakukan akuisisi
Pada masa kepemimpinan Iverson, beliau tidak setuju untuk melakukan akuisisi dengan perusahaan lain, namun beliau lebih cenderung membangun perusahaan dari awal dimana hanya akan memberikan keuntungan dalam jangka pendek. Sedangkan dalam masa kepemimpinan David Aycock, beliau cenderung memutuskan untuk melakukan akuisisi dengan perusahaan perusahaan baja lain demi memperkuat perusahaan Nucor sendiri dan masa depan perusahaan ini yang harus menjadi perusahaan yang besar dan kuat di dunia global.
2.     Masuk ke pasaran global
Semula Nucor memang hanya perusahaan baja yang cukup kuat dalam kawasan local. Namun perusahaan ini menyadari, mereka harus bertumbuh dan terus berkembang agar mampu bersaing dan mencapai tujuan perusahaan yang besar dengan memulai masuk ke pasaran global
3.     Diversifikasi produk diluar baja
Dengan berjalannya waktu dan tuntutan pasar, Nucor menyadari tidak selamanya perusahaan ini mampu terus tumbuh dan bertahan hanya tergantung produk bajanya saja. Melainkan harus mengembangkan usahanya di sector lain.
4.     Merombak organisasi perusahaan
Dengan perkembangan usaha yang semakin pesat, sangat tidak mungkin bila perusahaan ini tidak menambah beberapa CEO agar masing masing CEO dapat bekerja secara efektif & efisien dengan membawahi tidak lebih dari 7 orang manajer. Selain itu, beberapa direktur juga direkrut dari pihak luar tidak seperti sebelumnya yang hanya mengandalkan orang orang dalam

2.     Dapatkah Nucor mempertahankan sistem pengendalian dan budayanya yang unik di bawah arahan strategi yang baru ?
Nucor pasti dapat mempertahankan system pengendalian dan budaya yang unik dimana telah mereka miliki , melekat dalam tubuh perusahaan serta tumbuh dalam perusahaan tersebut. Meski dalam perjalanannya perusahaan ini mulai ditanamkan strategi-strategi baru demi kemajuan perusahaan, kami yakin hal-hal unik perusahaan ini tidak akan hilang. Justru akan bertambah kaya budaya unik perusahaan ini serta kemajuan system pengendalian perusahaan yang semakin baik tanpa meninggalkan keunikannya, hal ini adalah feedback yang muncul dengan adanya penerapan srategi baru dalam perusahaan. Kita dapat melihat kebenaran statement ini dari kasus tersebut, pada masa kepemimpinan Iverson perusahaan ini menggunakan system pengendalian yang terdesentralisasi secara total sehingga masing-masing divisi memiliki kekuasaan masing-masing yang tidak berorientasi jangka panjang, setelah Iverson pensiun hal tersebut baru disadari dan mulai melakukan perbaikan dengan penerapan system sentralisasi yang tetap mengkombinasikan dengan system yang sebelumnya telah di terapkan yakni system desentralisasi, sehingga terbangun koordinasi dari kepemimpinan tingkat puncak yang dapat mencapai tujuan perusahaan ini.

3.     Maukah Anda bekerja di Nucor di bawah kepemimpinan David Aycock ?
Iya, kami bersedia bekerja di bawak kepemimpinan beliau. menurut kami beliau merupakan CEO yang memiliki strategi dalam pengembangan perusahaan yang baik serta inovasi dalam mengembangkan ide-ide yang baru, yang berdampak terhadap keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Sebagai seorang CEO, beliau memiliki pandangan yang berbeda dari CEO Nuchor yang sebelumnya, dimana Nuchor hanya berorientasi pada produk baja maupun produk yang terkait dengan baja dan hanya menjadi perusahaan local yang berfokus dalam bidangnya, sementara beliau melakukan diferensiassi produk di luar baja, mau mengambil langkah-langkah besar demi kemajuan perusahaan yang pesat, mampu menerobos pasaran global, serta berani merubah secara mendasar bagian-bagian dalam perusahaan ini. Sehingga kinerja dan langkah langkah baru yang beliau laksanakan mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan Nuchor sebagai perusahaan pembuat baja terbesar saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back
to top